Menu
Catch The Dream

Intermittent Fasting atau Puasa Intermittent, Pengertian, Manfaat dan Cara Praktek, Simak Ya

  • Bagikan
gelas berisi air putih untuk Intermittent Fasting
gelas berisi air putih yang bisa diminum intermittent fasting atau puasa intermiten Image by <a href="https://www.freepik.com/free-photo/woman-holding-glass-filled-with-water_10840516.htm#query=drinking%20water&position=5&from_view=search&track=ais">Freepik</a>

“Puasa intermiten kontras dengan pola makan normal bagi kebanyakan orang yang makan sepanjang waktu mereka terjaga,” kata Mattson.

“Jika seseorang makan tiga kali sehari, ditambah camilan, dan mereka tidak berolahraga, maka setiap kali mereka makan, mereka memasukkan kalori tersebut ke dalam tubuh dan tidak membakar simpanan lemak.”

Puasa intermiten bekerja dengan memperpanjang periode ketika tubuh Anda membakar kalori yang dikonsumsi selama makan terakhir dan mulai membakar lemak.

Merencanakan intermittent fasting 

Ada baiknya, sebelum memulai puasa intermiten kamu berkonsultasi dulu ke dokter. Jika oke, kamu bisa memulainya dengan langkah sederhana. 

Kamu hanya bisa makan selama enam hingga delapan jam setiap hari. Misalnya, kamu melakukan puasa 16/8: makan selama delapan jam dan puasa selama 16 jam.

Cara lain adalah 5:2, yaitu makan secara teratur lima hari seminggu dan dua hari lainnya, Anda membatasi diri pada satu kali makan 500–600 kalori. 

Cara lain lagi kamu makan normal setiap hari dalam seminggu, tapi pas Senin – Kamis kamu hanya makan 1 kali sehari. 

intermittent fasting
intermittent fasting

Ingat, puasa lebih lama, seperti 24, 36, 48, dan 72 jam, belum tentu lebih baik bagi Anda, dan mungkin berbahaya. Terlalu lama tidak makan justru mendorong tubuh  menyimpan lebih banyak lemak untuk mengantisipasi kelaparan.

Penelitian Mattson menunjukkan bahwa diperlukan waktu dua hingga empat minggu sebelum tubuh terbiasa dengan puasa intermiten. 

Kamu mungkin merasa lapar atau rewel saat mulai terbiasa dengan rutinitas baru. 

Namun, menurut pengamatannya, subjek penelitian yang berhasil melewati masa penyesuaian cenderung tetap mengikuti rencana karena merasa merasa lebih baik.

Baca juga :  Betah Scrolling Medsos Berjam-jam? Hati-hati Kena Gangguan Mental

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan