Menu
Catch The Dream

9 Langkah Skincare Merawat Kulit Berminyak Sebelum Tidur

  • Bagikan
ilustrasi skincare Image by jcomp on Freepik
ilustrasi skincare Image by jcomp on Freepik

GROOVE.CO.ID | Jakarta –  Dalam perawatan kulit wajah (skincare) kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang umum dan dapat diidentifikasi berdasarkan produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebum di kulit.

Kulit berminyak punya ciri yang dapat terlihat dengan mudah. Salah satunya kulit yang kelihatan bercahaya. Berikut adalah beberapa karakteristik dan ciri-ciri kulit berminyak:

  1. Produksi Minyak Berlebihan: Salah satu ciri utama kulit berminyak adalah produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebum di bawah permukaan kulit. Ini membuat kulit terlihat berkilau dan berminyak, terutama di zona T (dahi, hidung, dan dagu).
  2. Poros Terbuka yang Besar: Kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang terbuka dan lebih besar. Hal ini dapat membuat kulit terlihat kasar atau berpori-pori.
  3. Rentan Terhadap Jerawat: Karena produksi minyak berlebihan, kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Minyak berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menciptakan lingkungan yang baik untuk perkembangan bakteri penyebab jerawat.
  4. Kulit Tampak Bercahaya: Beberapa orang dengan kulit berminyak menganggapnya menguntungkan karena kulit mereka tampak bercahaya dan kurang mungkin mengalami penuaan dini. Namun, terlalu banyak minyak dapat membuat riasan cepat luntur.
  5. Kadang-kadang Berjerawat Cystic: Kulit berminyak juga dapat mengalami jerawat cystic, yang merupakan jenis jerawat yang lebih dalam dan lebih menyakitkan. Ini dapat menyebabkan benjolan merah besar di bawah kulit.
  6. Pentingnya Perawatan yang Tepat: Merawat kulit berminyak memerlukan produk yang tepat, seperti pembersih lembut, pelembap non-komedogenik, dan produk perawatan yang membantu mengatur produksi minyak.
  7. Berubah Seiring Usia: Meskipun sebagian besar orang dengan kulit berminyak mungkin mengalami kondisi ini sepanjang hidup mereka, ada juga yang mengalami perubahan seiring bertambahnya usia, seperti kulit menjadi lebih kering saat mereka menua.
Baca juga :  Ikuti Cara Membersihkan Laptop Ini agar Tetap Kencang dan Kondisi Prima

Penting untuk diingat bahwa memiliki kulit berminyak bukanlah sesuatu yang harus dianggap negatif. Kulit berminyak juga memiliki manfaatnya, seperti kurangnya tanda-tanda penuaan dini.

Yang penting adalah menjaga keseimbangan dan merawat kulit secara tepat dengan produk dan perawatan yang sesuai untuk mengurangi risiko jerawat dan menjaga kulit tetap sehat. Jika Anda memiliki masalah kulit yang signifikan atau perlu rekomendasi produk yang cocok, konsultasikan dengan seorang dermatolog.

 9 Langkah Merawat Kulit Berminyak

Langkah 1: Bersihkan Wajah Anda

Gunakan produk pembersih wajah yang lembut dan cocok untuk kulit berminyak. Pastikan pembersih yang Anda gunakan tidak mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering secara berlebihan.

Basahi wajah Anda dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori, lalu aplikasikan pembersih dengan lembut ke seluruh wajah. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan hilangkan sisa-sisa pembersih.

Langkah 2: Gunakan Toner

Memilih toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau asam alfa hidroksi (AHA) untuk membantu mengontrol minyak berlebih.Tuangkan toner pada kapas dan tepuk-tepuk dengan lembut pada wajah, jangan menggosoknya dengan keras.

Langkah 3: Gunakan Serum

Serum yang memiliki kandungan niacinamide atau asam hialuronat adalah pilihan yang bagus untuk kulit berminyak. Serum ini membantu menurunkan produksi minyak yang berlebih dan memberikan hidrasi. Oleskan serum dengan lembut ke seluruh wajah

Langkah 4: Pelembab Skincare

Meskipun kulit wajah berminyak mengeluarkan minyak secara berlebihan, kulit tetap memerlukan pelembab untuk menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak. Oleskan dengan lembut ke wajah.

Langkah 5: Gunakan Produk Perawatan Flek (jika diperlukan)

Jika Anda memiliki jerawat atau flek yang perlu diobati, gunakan produk perawatan noda sesuai dengan petunjuk pada label.

Baca juga :  Hidroponik Sederhana dan Tanaman yang Bisa Dibudidayakan

Langkah 6: Jangan Melupakan Mata dan Bibir dalam Skincare

Oleskan krim mata yang tepat di sekeliling mata untuk menyamarkan kantung mata dan kerutan. Aplikasikan pelembab bibir untuk mempertahankan kelembapan bibir.

Langkah 7: Hindari Sentuhan Wajah yang Berlebihan

Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda terlalu sering, karena dapat memindahkan kotoran dan minyak dari tangan ke wajah Anda.

Langkah 8: Gunakan Bantal dan Seprai yang Bersih

Gunakanlah bantal dan sprei yang bersih secara teratur untuk menghindari terjadinya penumpukan minyak dan kotoran yang dapat berdampak pada kulit wajah.

Langkah 9: Tidurlah dalam Kondisi Nyaman

Dalam skincare usahakan dapat tidur dengan nyaman dan cukup, karena tidur yang cukup juga berperan dalam kesehatan kulit.
Ingat bahwa perawatan kulit adalah proses yang berkelanjutan, jadi konsistensi adalah kuncinya.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan