Menu
Catch The Dream

9 Ikan Hias Air Tawar, Warna Menarik Bikin Aquarium Meriah

  • Bagikan
Ilustrasi ikan hias air tawar
Ilustrasi ikan hias air tawar (freepik)

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Ikan hias air tawar telah lama menjadi favorit di kalangan pecinta akuarium di seluruh dunia. Keindahan warna-warni dan beragam bentuk ikan hias air tawar membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang menarik dan menawan.

Salah satu hal yang memikat dari ikan hias air tawar adalah keragaman spesiesnya. Dari gurami yang elegan hingga neon tetra yang berkilauan, setiap spesies memiliki karakteristik yang unik. Selain itu, ikan hias air tawar juga memiliki berbagai warna yang mencolok, mulai dari merah terang, biru, hingga kuning cerah, yang membuat akuarium menjadi pemandangan yang memukau.

Tidak hanya cantik, ikan hias air tawar juga relatif mudah dalam perawatannya. Mereka dapat hidup dalam akuarium dengan ukuran yang beragam, sehingga cocok untuk berbagai ruang. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap spesies memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda, termasuk suhu air, pH, dan pakan. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang spesies yang dipelihara sangat penting.

9 Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Guppy

Para pencinta ikan hias pasti tak asing dengan ikan yang satu ini. Poecilia reticulata atau yang sering disebut ikan Guppy adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. 

Ikan guppy dapat berkembang biak tanpa membutuhkan banyak campur tangan manusia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan.

Ikan guppy dapat melahirkan 20 sampai 50 ekor anakan per dua pekan sekali. Agar ikan guppy tumbuh lebih optimal, maka harus disiapkan wadah yang terpisah.

Pasalnya ikan guppy dewasa tak segan memangsa anak-anaknya. Jadi bila dipelihara di akuarium, ikan kecil harus dipisahkan dari induknya. 

Baca juga :  Heat Stroke, Cara Atasi Serangan Kenaikan Suhu Tubuh yang Tiba-tiba 

2. Ikan Platy

Ikan platy mudah dipelihara dan cocok untuk di akuarium. Ikan dengan nama ilmiah Xiphophorus maculatus ini menyukai air dengan pH 7,0-8,0 dan suhu berkisar 18-25 derajat celsius.

Spesies ini mampu tumbuh hingga panjang 6 cm. Ia memakan cacing, serangga, dan tanaman.

3. Killifish

Dikutip dari informasi Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), killifish dengan nama ilmiah Cyprinodontiformes merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki lebih dari 1.000 spesies.

Ikan hias yang berukuran 2,5-10 cm ini mudah dipelihara dan berkembang biak di akuarium. Para penghobi ikan hias banyak yang menyukai spesies ini, karena memiliki warna paling cerah dan berpola indah, dan juga memiliki sirip yang indah.

Ikan Killifish jantan mempunyai variasi warna yang beragam, mulai dari oranye, merah dan biru disertai bintik dan garis di sekujur tubuhnya. Sementara Killifish betina cenderung memiliki sedikit warna.

4. Neon Tetra

Neon tetra dengan nama ilmiah Paracheirodon innesi merupakan spesies ikan air tawar endemik Amerika Selatan yang populer di kalangan penghobi sebagai ikan hias pengisi akuarium. 

Ikan neon tetra memiliki warna tubuh menarik yang memadukan warna merah cerah dengan warna hijau-biru yang gemerlap. Selain warna, ikan neon tetra juga memiliki tingkah laku yang pendamai dan hidup secara berkelompok sehingga menambah daya tarik saat dipelihara bersama dalam satu akuarium.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan