Menu
Catch The Dream

Betah Scrolling Medsos Berjam-jam? Hati-hati Kena Gangguan Mental

  • Bagikan
kecanduan medsos
Ilustrasi media sosial

GROOVE.CO.ID, Jakarta- Scrolling media sosial tanpa disadari menyita waktu. Bahkan ada yang betah memelototi layar handphone sampai hitungan jam. Ga bahaya to?

Beberapa waktu lalu,  para peneliti menyelidiki dampak media sosial terhadap kesehatan mental di Indonesia. Mereka fokus pada penggunaan Facebook, Twitter, dan aplikasi pesan instan oleh 22.423 individu berusia 20 tahun yang tersebar di 297 kabupaten/kota.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki dampak negatif terhadap kesehatan mental, sesuai dengan temuan global sebelumnya.

Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Atika Dian Ariana MSc MPsi, kecanduan media sosial dapat diklasifikasikan sebagai bagian dari problematic internet use atau problematik penggunaan internet yang berlebihan.

Hal itu ditandai dengan indikator seperti durasi, intensitas, dan frekuensi penggunaan yang melebihi batas wajar. Faktor-faktor lain termasuk obsesi, pengabaian terhadap hal-hal di luar media sosial, dan kehilangan kontrol.

“Penggunaan yang melebihi 5 jam sehari dapat dianggap sebagai problematik. Terutama jika seseorang kehilangan kontrol dan terobsesi untuk terus mengakses platform tersebut,” ujar Atika dikutip dari keterangan tertulis Unair.

Faktor lain yang mencakup kecanduan media sosial menurut Atika seperti pengabaian terhadap aktivitas di dunia nyata, di mana individu lebih memilih untuk terlibat dalam kehidupan maya daripada kehidupan nyata.

Ia pun menyoroti bahwa penggunaan internet yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Faktor-faktor seperti terlalu lama terpapar layar, posisi duduk yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan masalah fisik seperti gangguan tidur dan kelelahan mata.

Secara mental, penggunaan media sosial berlebihan dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan OCD (Obsessive Compulsive Disorder) karena ada ketidakmampuan mengontrol perilaku berulang untuk mengakses media sosial dan seterusnya.

Baca juga :  9 Ikan Hias Air Tawar, Warna Menarik Bikin Aquarium Meriah

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan