Menu
Catch The Dream

Cara Jaga Kesehatan Gigi, Hindari Makanan dan Minuman Ini

  • Bagikan
cara jaga kesehatan gigi
Cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar (Freepik)

GROOVE.CO.ID | Jakarta –  Pernah mendengar tentang dampak buruk permen terhadap kesehatan gigi atau efek minuman berkarbonasi terhadap enamel gigi? Pastinya sebagai orang awam kita bertanya-tanya bagaimana makanan, minuman, atau camilan bisa memengaruhi kesehatan gigi. 

Meskipun benar bahwa semua jenis makanan dan minuman dapat memiliki potensi untuk merusak gigi, tingkat kerusakan dapat berbeda-beda. Selain itu tiap orang bisa memiliki tingkat kerentanan berbeda terhadap kerusakan gigi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjaga kesehatan gigi dan  mulut Anda.

Dokter gigi anak dan ahli mikrobiologi di University of North Carolina Dr. Apoena de Aguiar Ribeiro menyebut ada dua faktor utama yang perlu diperhitungkan saat mengevaluasi dampak negatif makanan, camilan atau minuman yaitu komposisi dan kualitas.

Apoena de Aguiar Ribeiro mempelajari mikrobioma mulut dan pengaruhnya terhadap kerusakan gigi. Menurutnya, di dalam rongga mulut, terdapat lebih dari 700 spesies bakteri, termasuk yang bermanfaat dan berbahaya seperti dikutip dari The New York Times.

Bakteri berbahaya ini memproses gula dari makanan dan minuman, mengubahnya menjadi asam yang seiring waktu dapat merusak mineral gigi penting dan menyebabkan gigi berlubang.

Apabila kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik, bakteri dapat membentuk lapisan lembut yang dikenal sebagai plak pada permukaan gigi.

Plak ini memperburuk tingkat keasaman dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri lain untuk berkembang biak. Jika plak gigi terus tumbuh dan mengeras, dapat berubah menjadi karang gigi, yang juga dapat mengakibatkan iritasi gusi dan peradangan.

Baca juga :  Heat Stroke, Cara Atasi Serangan Kenaikan Suhu Tubuh yang Tiba-tiba 

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan