Menu
Catch The Dream

9 Ikan Hias Air Tawar, Warna Menarik Bikin Aquarium Meriah

  • Bagikan
Ilustrasi ikan hias air tawar
Ilustrasi ikan hias air tawar (freepik)

5. Komet atau Mas Koki

Penggemar ikan hias pasti sudah tidak asing dengan ikan satu ini. Carassius auratus atau yang sering disebut ikan koki atau ikan komet, adalah ikan air tawar yang berasal dari China dan sudah tersebar di berbagai dunia.

Spesies ini merupakan ikan hias dengan variasi dan strain paling banyak ± 180 varian 70 strain genetik. Karena variasi warna yang beragam ikan ini sangat populer di kalangan penggemar ikan hias.

6. Ikan Molly

Ikan molly adalah salah satu jenis ikan hias asing di Indonesia. Ikan ini berasal dari Meksiko, tersebar secara luas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Punya nama ilmiah Poecilia latipinna selain terkenal sebagai ikan hias juga dimanfaatkan sebagai pengendali hayati nyamuk, khususnya nyamuk demam berdarah.

Ikan molly umumnya berukuran kecil namun dapat mencapai panjang 15 cm. Lama hidupnya kurang lebih tiga tahun dan melakukan proses reproduksi kurang lebih 15 bulan.

7. Black Ghost

Ikan Black Ghost mempunyai kebiasaan bersembunyi di siang hari dan beraktivitas di malam hari. Ekornya yang mungil seringkali hilang dimakan ikan lain karena terus bergerak-gerak seperti cacing. Akan tetapi, ekor Black Ghost bisa tumbuh kembali seperti cicak.

8. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu spesies ikan peliharaan yang paling umum. Sifatnya yang agresif, membuat cupang jantan harus dijauhkan dengan cupang lainnya. Akan tetapi, satu cupang jantan bisa berada satu akuarium dengan spesies ikan yang berenang cepat dan tidak agresif. Cupang jantan dan betina hanya boleh bersama saat berkembang biak, jika tidak jantan bisa mengganggunya

9. Ikan Discus

Ikan Discus berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan. Bentuknya bulat namun pipih, berbanding terbalik dengan ikan mas koki. Ikan ini memiliki warna yang cerah seperti kuning, oranye, hingga motif dengan sentuhan warna hitam. Discus menjadi salah satu ikan yang bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya.

Baca juga :  Ikuti Cara Membersihkan Laptop Ini agar Tetap Kencang dan Kondisi Prima

Dalam menyajikan keindahan alam bawah air, ikan hias air tawar memang menjadi pilihan yang menarik. Mereka membawa kehidupan dan keceriaan ke dalam rumah atau kantor Anda, serta memberikan pengalaman unik dalam merawat dan mengamati mereka.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan