Menu
Catch The Dream

Cara Jaga Kesehatan Gigi, Hindari Makanan dan Minuman Ini

  • Bagikan
cara jaga kesehatan gigi
Cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar (Freepik)

Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi

Menurut Dr. de Aguiar Ribeiro, makanan yang tinggi kandungan gula, terutama sukrosa (gula pasir), dapat memiliki dampak buruk pada gigi Anda karena mendukung pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut.

Sukrosa umumnya ditemukan dalam makanan olahan dan minuman manis seperti permen, kue, jus buah konsentrat, dan minuman bersoda.

Selain itu, makanan yang lengket, kenyal, atau berperekat seperti permen karet, buah-buahan kering, sirup, dan permen, cenderung menempel pada sudut dan celah gigi serta di sela-sela gigi. 

Kelebihan gula yang tertinggal pada gigi akan digunakan oleh bakteri berbahaya dalam waktu yang cukup lama setelah makan, memproduksi asam dalam prosesnya.

Minuman tertentu, seperti soda, jus, minuman berenergi, dan milkshake, juga berpotensi merusak gigi. Minuman ini mengandung larutan manis dan lengket yang juga bersifat asam. 

“Kerusakan gigi biasanya terjadi ketika pH dalam mulut turun di bawah 5,5,” kata Dr. Rocio Quinonez, seorang profesor kedokteran gigi anak di University of North Carolina. “Soda, sebagai contoh, memiliki pH sekitar 3 hingga 4.”

Minuman berkarbonasi lainnya seperti seltzer juga bersifat asam, begitu juga dengan kopi dan minuman beralkohol yang sering dicampur dengan sirup manis atau mixer.

Meskipun beberapa buah segar, sayuran, atau makanan bertepung seperti jeruk, kentang, nasi, atau pisang, mungkin mengandung gula atau asam yang dapat merusak gigi, mereka juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi.

Meskipun ada kemungkinan makanan tersebut manis atau cenderung menempel pada gigi, manfaat nutrisi yang mereka berikan mungkin sepadan dengan risiko kerusakan gigi.

Baca juga :  Intermittent Fasting atau Puasa Intermittent, Pengertian, Manfaat dan Cara Praktek, Simak Ya

Jika memiliki lekukan dalam gigi atau gigi yang saling berdekatan, makanan yang lengket dan kenyal harus lebih diperhatikan. Dalam situasi seperti ini, perhatikan kebersihan mulut  serta kebiasaan membersihkan gigi.

Selama Anda menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi setiap hari, manfaat nutrisi dari makanan tersebut biasanya akan lebih besar daripada risiko kerusakan gigi. 

Terkait buah, Dr. Kopycka-Kedzierawski mengatakan, “Lebih baik makan buah daripada minum jus.” Pasalnya banyak jus buah yang tersedia di pasaran atau buatan sendiri sering ditambahkan dengan gula sukrosa.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan