Menu
Catch The Dream

Pentingnya Kenaikan UMK 2024 dan Upah Layak, PBB: Bisa Membalikkan Ketidakadilan di Dunia Kerja

  • Bagikan
Pekerja Konveksi menunggu kenaikan umk 2024
Pekerja Konveksi menunggu kenaikan umk 2024

GROOVE.CO.ID — Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh PBB pada tanggal 20 Oktober, terdapat seruan penting untuk meningkatkan upah minimum bagi pekerja sektor-sektor penting, seperti layanan kesehatan dan sanitasi, artinya termasuk kenaikan UMK 2024 mendatang. 

PBB juga menekankan perlunya pembatasan gaji di industri-industri yang dapat merusak ekosistem, seperti perdagangan keuangan dan penggalian bahan bakar fosil.

Upaya ini bertujuan untuk memerangi ketidakadilan yang telah lama berlangsung dalam dunia kerja.

Olivier De Schutter, Utusan Khusus PBB untuk kemiskinan ekstrem dan hak asasi manusia, menggarisbawahi pentingnya tindakan tegas dalam menghadapi ketidakadilan ini.

Ia menegaskan perlunya pemerintah menyusun daftar profesi yang memiliki nilai sosial tinggi dan membayar pekerja sesuai dengan kinerja mereka.

Di samping itu, pemerintah juga harus mengatur profesi-profesi yang gajinya harus dibatasi untuk mengurangi dampak samping berbahaya yang dapat timbul dari profesi tersebut.

Infografis Upah minimum
Infografis Upah minimum

Tingginya Angka Kemiskinan Pekerja dan Perlunya Kenaikan UMK 2024

Menurut laporan PBB, satu dari lima pekerja di seluruh dunia hidup dalam kondisi kemiskinan. Di Indonesia, fakta ini memperkuat argumentasi untuk kenaikan umk 2024.

Baca juga :  OJK Awasi Khusus 7 Perusahaan Asuransi, Terbitkan 4 Aturan Baru

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan