Menu
Catch The Dream

Ragam Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru, Padat dan Jelas

  • Bagikan
contoh deskripsi diri PPPK guru
Ilustrasi persiapan PPPK guru (Freepik)

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Deskripsi diri merupakan salah satu bagian yang wajib diisi oleh para pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru 2023. Contoh deskripsi diri PPPK guru berikut bisa jadi acuan bagi para pelamar.

Pendaftaran PPPK tahun 2023 dilakukan secara daring melalui portal yang bisa diakses lewat https://sscasn.bkn.go.id/. Dalam portal tersebut, para calon pelamar diharuskan mengisi serangkaian pertanyaan terkait informasi pribadi, termasuk di antaranya adalah bagian yang menuntut penulisan deskripsi diri.

Kolom deskripsi diri akan muncul setelah pelamar berhasil melengkapi informasi dasar seperti biodata, jenis seleksi, dan formasi yang diinginkan di portal SSCASN. Para pelamar akan diminta untuk menyusun sebuah esai yang menggambarkan diri mereka sendiri dalam konteks pekerjaan serta pengalaman berinteraksi dalam masyarakat.

Struktur Deskripsi Diri PPPK Guru yang Perlu Diperhatikan

Dalam proses pendaftaran PPPK Guru 2023, ada batasan karakter maksimal sebanyak 3000 karakter untuk deskripsi diri yang harus diperhatikan oleh para pelamar. Oleh karena itu, pelamar perlu menyusun deskripsi diri mereka secara singkat namun tetap mencakup hal-hal penting. Di bawah ini adalah struktur atau komponen yang perlu dicantumkan dalam deskripsi diri para pelamar PPPK guru:

  1. Data Diri: Bagian pertama yang harus dicantumkan adalah data diri pelamar. Data diri ini tidak perlu terlalu rinci, namun cukup mencakup nama lengkap, alamat domisili, dan tempat serta tanggal lahir.
  2. Latar Belakang Pendidikan: Selanjutnya, pelamar perlu mencantumkan informasi mengenai latar belakang pendidikan yang telah ditempuh. Contoh: “Saya merupakan lulusan pendidikan ekonomi dari Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2016.”
  3. Pengalaman: Bagian ini dapat mencakup berbagai pengalaman, salah satunya adalah pengalaman mengajar sebelumnya. Pelamar dapat menjelaskan pengalaman mengajar di sekolah tertentu beserta tahunnya. Jika belum memiliki pengalaman mengajar di sekolah formal, pelamar dapat menyebutkan pengalaman mengajar di tempat lain yang relevan. Selain itu, pengalaman dalam organisasi, sertifikasi, atau pelatihan yang relevan juga dapat dicantumkan dalam deskripsi diri.
  4. Kemampuan atau Kelebihan: Bagian ini menjadi kesempatan bagi pelamar untuk menonjolkan keahlian khusus, pengalaman yang relevan, dan sifat-sifat pribadi yang mendukung peran sebagai pendidik. Penting untuk memberikan contoh konkret atau pencapaian yang mendukung klaim mengenai kemampuan atau kelebihan ini. Misalnya, jika pelamar mengklaim memiliki kemampuan dalam merancang kurikulum, maka dapat merinci proyek kurikulum yang telah berhasil dikembangkan serta dampak positifnya terhadap siswa.
  5. Motivasi: Pelamar perlu menjelaskan secara rinci mengapa mereka ingin menjadi seorang guru PPPK dan apa yang mendorongnya untuk mengejar karir dalam bidang pendidikan. Pada bagian motivasi ini, tunjukkan antusiasme, dedikasi, serta nilai-nilai yang pelamar anut. Motivasi ini penting karena membantu panitia seleksi atau perekrut memahami komitmen pelamar terhadap peran sebagai pendidik.
  6. Kehidupan Bermasyarakat: Bagian ini dapat diisi dengan pengalaman pelamar dalam berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, seperti menjadi anggota organisasi masyarakat tertentu. Alternatif lain yang perlu dicatat adalah hubungan pelamar dengan peserta didik atau sesama guru, yang dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang keterlibatan sosial dan kemampuan berkolaborasi pelamar.
Baca juga :  77 Formasi CPNS BIN 2023, Lulusan SMA Bisa Kerja di Dinas Rahasia Nih

Dengan mengikuti struktur deskripsi diri ini, diharapkan para pelamar PPPK Guru dapat menyusun deskripsi diri yang komprehensif dan memberikan gambaran yang jelas tentang latar belakang, pengalaman, dan motivasi mereka dalam menjadi seorang guru PPPK yang berdedikasi.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

Contoh 1

Saya Regina Sukoco, seorang lulusan pendidikan matematika dari Universitas Satu Nusa yang memperoleh gelar sarjana pada tahun 2012.

Selama masa studi saya, saya secara mendalam menggali berbagai konsep dan metode pengajaran bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mendukung pemahaman yang mendalam dan meningkatkan minat siswa terhadap subjek ini. Saya telah berdedikasi pada bidang pendidikan selama lebih dari 5 tahun. 

Dalam rentang waktu tersebut, saya memperoleh pengalaman mengajar di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Pada tahun 2016, saya bergabung sebagai pendidik di SMPN 6 Kota XYZ, di mana saya mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia kepada siswa kelas 7 hingga 9. Pengalaman mengajar ini telah memperkaya wawasan saya mengenai beragam gaya belajar dan tantangan yang dihadapi oleh siswa pada setiap tahap perkembangan mereka.

Saya secara rutin memanfaatkan perangkat lunak dan aplikasi pendidikan untuk memperkaya proses pembelajaran siswa. Ini mencakup penggunaan platform pembelajaran daring, perangkat lunak simulasi, dan beragam sumber daya digital lainnya yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi dunia bahasa Indonesia secara interaktif.

Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam pengembangan kurikulum bahasa Indonesia yang relevan dengan standar pendidikan terkini. Saya turut berperan dalam tim pengembangan kurikulum di sekolah saya, serta membantu merancang materi pelajaran yang menantang dan menginspirasi.

Kemampuan komunikasi saya, baik lisan maupun tertulis, sangat baik. Kemampuan ini membantu saya menjelaskan konsep-konsep bahasa Indonesia dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa. Saya juga senang berinteraksi dengan siswa, rekan guru, dan orangtua siswa guna menjaga komunikasi yang efektif dan kolaboratif.

Saya sangat memperhatikan perkembangan pribadi dan akademik siswa-siswa saya. Saya selalu berusaha memberikan dukungan ekstra dan bimbingan kepada siswa yang memerlukannya, serta memotivasi mereka untuk selalu berusaha mencapai potensi maksimal mereka dalam bidang bahasa Indonesia.

Saya juga aktif terlibat dalam berbagai proyek pendidikan di sekolah saya, termasuk program peningkatan literasi bahasa Indonesia dan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mendukung minat siswa dalam bahasa Indonesia.

Saya sangat bersemangat untuk menjadi seorang guru PPPK, yang akan memberi saya kesempatan untuk lebih berkontribusi dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan tumbuh sebagai pendidik, serta mendukung pertumbuhan akademik dan pribadi para siswa. Saya siap menghadapi setiap tantangan dan peluang yang muncul dalam peran ini.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan