Menu
Catch The Dream

Geologi: Ini Perbedaan Daerah Vulkanik dan Tektonik 

  • Bagikan
Gunung merapi, daerah vulkanik
Gunung merapi, daerah vulkanik. (ESDM)

GROOVE.CO.ID — Bumi kita adalah tempat yang penuh dengan fenomena geologi yang menakjubkan, termasuk daerah-daerah yang terpengaruh oleh aktivitas vulkanik dan tektonik.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi perbedaan antara kedua jenis daerah ini dan bagaimana mereka memainkan peran penting dalam pembentukan permukaan bumi yang kita kenal.

Daerah Vulkanik

  1. Aktivitas Gunung Berapi

Daerah vulkanik adalah tempat aktivitas gunung berapi terjadi secara teratur. Gunung berapi adalah tempat magma dari dalam bumi naik ke permukaan melalui saluran-saluran yang disebut lubang lava. Ketika magma mencapai permukaan, letusan gunung berapi dapat terjadi.

  1. Bahan Vulcanic

Daerah ini seringkali memiliki tanah yang subur karena abu vulkanik yang terdebu dari letusan gunung berapi. Bahan vulkanik ini mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

  1. Risiko Letusan

Meskipun subur, daerah vulkanik juga memiliki risiko letusan gunung berapi yang harus diwaspadai. Letusan dapat mengakibatkan kerusakan yang signifikan pada lingkungan dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Daerah Tektonik

  1. Pertemuan Lempeng Bumi

Daerah tektonik adalah tempat lempeng-lempeng tektonik Bumi bertemu. Lempeng-lempeng ini terus bergerak, dan ketika mereka bertemu, mereka dapat saling berinteraksi. Ada tiga jenis batasan lempeng utama: konvergen, divergen, dan transform.

  1. Kerutan Bumi

Proses ini seringkali menghasilkan kerutan geologis seperti pegunungan dan lembah besar. Pegunungan seperti Himalaya dan Rocky Mountains terbentuk akibat konvergensi lempeng, sementara lembah besar seperti Rift Great African Rift terbentuk akibat divergensi lempeng.

  1. Gempa Bumi dan Letusan Gunung Berapi

Daerah tektonik seringkali menjadi tempat terjadinya gempa bumi dan letusan gunung berapi. Aktivitas bergeraknya lempeng-lempeng ini dapat menyebabkan ketegangan di kerak bumi yang kemudian dilepaskan dalam bentuk gempa bumi.

Baca juga :  Hiu Greenland, Perenang 'Buruk' yang Hidup 'Abadi'

Daerah vulkanik dan daerah tektonik adalah dua jenis daerah geologi yang berperan penting dalam pembentukan dan evolusi permukaan bumi.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan