Menu
Catch The Dream

Kehebatan Semut Bikin ‘Jembatan’ Bisa Jadi Inspirasi dalam Dunia Robotika

  • Bagikan
Semut bangun jembatan
Ilustrasi kerja sama semut

GROOVE.CO.ID, JAKARTA- Semut, yang merupakan predator kecil, memiliki kemampuan untuk memangsa hewan-hewan yang jauh lebih besar dari tubuh mereka, seperti katak, kadal, dan burung.

Selain itu, semut terkenal dengan kerja sama tim yang luar biasa dan kemampuan arsitektur dalam membuat struktur konstruksi. Khususnya, kemampuan ini sering ditemukan pada semut di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Afrika saat mereka membentuk barisan panjang menjelajahi lantai hutan.

Ketika semut menghadapi rintangan seperti dahan pohon atau celah dedaunan, mereka akan bekerja sama. Hebatnya, para semut tersebut akan membangun “jembatan” dengan menghubungkan badan-badan mereka.

Peneliti dari New Jersey Institute of Technology, Amerika Serikat Isabella Muratore membawa wawasan ini lebih jauh dengan mempelajari cara semut tentara membangun jembatan dan menyajikannya dalam pertemuan Entomological Society of America pada awal November 2023.

“Para (semut) pekerja akan berusaha melewati celah tersebut, dan kemudian pekerja lain akan berjalan di atasnya,” kata Muratore kepada NPR (21/11/2023).

Menurut Muratore, semut-semut ini menciptakan jalur pintas untuk mempermudah semut lain melintasi rintangan yang sulit mereka lewati.

Pentingnya kemampuan arsitektur dan pengambilan keputusan semut terungkap melalui penelitian ini. Dibandingkan dengan mengambil rute berbelit-belit untuk menghindari rintangan, semut cenderung membuat ‘jembatan’ untuk meningkatkan efisiensi dalam berburu, memungkinkan mereka mengumpulkan lebih banyak makanan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga :  Gaji PPPK Teknis Kemendikbusristek 2023, Minimal Rp 6,2 Juta

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan