Menu
Catch The Dream

5 Prodi Sekolah Kedinasan PEM Akamigas, Raih Peluang Kerja di Industri Migas

  • Bagikan
Sekolah Kedinasan PEM Akamigas
Sekolah Kedinasan PEM Akamigas (Youtube PEM Akamigas)

GROOVE.CO.ID, JAKARTA- Sekolah kedinasan PEM Akamigas adalah perguruan tinggi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang berlokasi di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Kampus vokasi ini menyediakan pendidikan Sarjana Terapan/D4 di mana lulusannya siap kerja di berbagai industri minyak dan gas.

Hanya saja perlu diketahui biaya pendidikan di Politeknik Energi dan Migas (PEM) Akamigas tidak ditanggung negara seperti beberapa sekolah kedinasan di bawah kementerian dan lembaga lainnya.

Salah satu fasilitas PEM Akamigas sebagai kampus dengan sistem Full Day Boarding School adalah asrama mahasiswa yang dapat dihuni hingga lebih dari 1.000 mahasiswa. 

Asrama PEM Akamigas bernama Vyatra yang terdiri dari Vyatra 1 hingga 13. Vyatra 1 hingga 8 dikhususkan untuk mahasiswa, sedangkan Vyatra lainnya digunakan untuk dosen dan tamu. 

Semua Vyatra mahasiswa bertempat di satu kompleks yang berlokasi sekitar 500 meter dari kampus PEM Akamigas. Masing-masing Vyatra memiliki jumlah kamar berbeda yang tiap kamarnya dapat dihuni oleh 2 – 4 mahasiswa

Sejarah Sekolah Kedinasan PEM Akamigas

PEM Akamigas berdiri pada 1966 dengan nama Akademi Minyak dan Gas Bumi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor : 91/DD/Migas/1966, tanggal 24 Oktober 1966 tentang Pendirian AMBG dengan pola pendidikan tiga tahun.

Dikutip dari laman resminya, AMBG  kemudian berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Mineral dan Energi (STME). Setelah itu kembali berubah menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM). Pada 2017  STEM Akamigas menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas atau disingkat PEM Akamigas.

5 Prodi Sekolah Kedinasan PEM Akamigas

1. Prodi Teknik Produksi Minyak dan Gas

Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas merupakan program sarjana terapan yang bertujuan menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan siap kerja di bidang produksi minyak dan gas pada sub-sektor hulu minyak dan gas.

Baca juga :  4 Program Kursus Online Gratis, Kampus MIT Hingga Yale University

Lulusan memiliki kemampuan menganalisis, mengevaluasi, melaksanakan, merancang, dan melakukan pengawasan operasi produksi dan perawatan sumur di lapangan minyak dan gas.

Peluang Karier:

    • Operator Kepala Operasi Produksi Migas
    • Pengawas Operasi Produksi Migas
    • Pengawas Utama Operasi Produksi Migas
    • Ahli Pengendali Perawatan Sumur
    • Pengawas Utama Perawatan Sumur

2. Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang

Prodi ini berkaitan dengan instrumentasi dan kelistrikan dalam penguasaan teknologi instrumentasi lapangan yang meliputi instalasi, operasi, maupun maintenance pada industri sektor energi dan mineral. 

Setelah menyelesaikan program studi ini, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan di bidang teknik instrumen dan elektronika pada sektor energi dan mineral yang terampil, ahli, profesional, dan berintegritas tinggi serta mampu bersaing di pasar global.

Peluang Karier

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan