Menu
Catch The Dream

Hiu Greenland, Perenang ‘Buruk’ yang Hidup ‘Abadi’

  • Bagikan
Hiu Greenland
Hiu Greenland (Hemming1952 | Wikimedia Commons)

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Selama ini, hiu digambarkan sebagai predator yang mampu menyerang mangsanya dengan sangat cepat. Tetapi apakah Anda pernah berpikir tentang kemungkinan adanya hiu yang berenang dengan kecepatan yang sangat lambat?

Ternyata, di dalam samudra yang sangat dingin, ada jenis hiu yang berenang paling lambat di antara semua hiu yang ada, yaitu Greenland shark atau hiu Greenland. Hewan ini biasa ditemukan di perairan sekitar Samudra Arktik dan Samudra Atlantik Utara, di mana suhu air sangat rendah.

Di kondisi perairan yang sangat dingin ini, hiu Greenland hanya mampu berenang dengan kecepatan sekitar satu mil atau 1,6 kilometer per jam. Kecepatan tertingginya pun di bawah 2,9 km per jam. Ini jauh lebih lambat dibandingkan dengan kebanyakan manusia yang berenang.

Perbedaan mencolok dengan hiu Greenland yang berenang sangat lambat, adalah hiu mako sirip pendek, yang merupakan hiu tercepat di lautan dengan kemampuan berenang hingga mencapai 70 kilometer per jam.

Para ilmuwan percaya bahwa alasan ikan berenang sangat lambat terkait erat dengan lingkungan tempat tinggal mereka yang sangat dingin. Akibatnya, tubuh dan otot mereka tidak dapat berfungsi dengan optimal.

Baca juga :  Apa Saja Tes untuk Masuk Akpol 2024? Ideologi dan Kepribadian Diuji

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan