Menu
Catch The Dream

‘Bocor Halus’ Materi SKD CPNS 2023, Jangan Lupa Siap-siap Belajar!

  • Bagikan
contoh deskripsi diri PPPK guru
Ilustrasi persiapan PPPK guru (Freepik)

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Materi SKD CPNS 2023 diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenpanRB) Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar  Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2023.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan salah satu tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021. 

SKD CPNS merupakan jenis tes CPNS yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau masyarakat  agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan. 

Pelaksanaan seleksi CASN mengedepankan sistem yang terbuka dan akuntabel. Computer Assisted Test (CAT) tetap digunakan, sehingga nilai peserta bisa terlihat secara real-time.

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah itu pun meminta masyarakat agar cermat mengenali modus penipuan yang dilakukan oknum yang menjanjikan kelulusan pada seleksi CASN dengan meminta imbalan tertentu. 

“Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi CASN,” ujarnya.

Materi SKD CPNS 2023 terdiri dari 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),  35 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Berikut ketentuan dan materi SKD 2023:

Ketentuan SKD CPNS 2023

Durasi SKD 100 menit, khusus peserta penyandang disabililtas diberi durasi SKD 130 menit

Jumlah soal SKD 2023 adalah 110 soal, dengan 35 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP

Untuk soal TIU dan TWK, bobot jawaban benar adalah 5, jawaban salah atau tidak menjawab adalah 0

Baca juga :  Link Pendaftaran Lowongan Kerja di BAZNAS, Penempatan Jakarta

Untuk soal TKP, bobot jawaban adalah 1 (paling rendah) sampai 5 (paling tinggi, tidak menjawab dinilai 0

Materi SKD CPNS 2023

TWK

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan menilai penguasaan pengetahun dan kemampuan dalam implementasi hal-hal berikut:

  • Nasionalisme, untuk mewujudkan kepentingan nasional lewat cita-cita dan tujuan yang sama dengan mempertahankan identitas nasional
  • Integritas, untuk menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap dalam mencapai tujuan nasional
  • Bela negara, untuk berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara
  • Pilar negara, untuk membentuk karakter positif lewat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan bhinneka tunggal ika
  • Bahasa negara, untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

TIU

Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan implementasi atas:

1. Kemampuan verbal, terdiri dari:

  • Analogi, untuk mengukur kemampuan peserta dalam bernalar lewat perbandingan dua konsep kata yang punya hubungan tertentu, lalu menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain
  • Silogisme, untuk mengukur kemampuan peserta  dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan
  • Analitis, untuk mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan

2. Kemampuan numerik, terdiri dari:

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan