Menu
Catch The Dream

13 Contoh Pendekatan Keruangan dalam Ilmu Geografi, Apa Saja?

  • Bagikan
Contoh pendekatan keruangan dalam geografi
Ilustrasi Geografi

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Dalam ilmu geografi, pendekatan keruangan atau spasial adalah salah satu metode penting yang digunakan untuk memahami fenomena geografi di berbagai wilayah.

Dalam buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia karya Bambang Utoyo, pendekatan ini menjadi salah satu dari tiga pendekatan utama, bersama dengan pendekatan ekologi (lingkungan) dan regional (kompleks wilayah).

Salah satu fungsi pendekatan keruangan adalah menjadi alat analisis yang sangat berguna dalam memeriksa berbagai fenomena geografi. Pasalnya setiap wilayah memiliki karakteristik geografi yang unik dan beragam seperti dikutip dari penjelasan Muhammad Dimyati dalam Metode Penelitian untuk Semua Generasi.

Pendekatan keruangan melibatkan analisis ruang sebagai elemen utama. Ini mencakup berbagai aspek keruangan, termasuk lokasi geografis, kondisi alam, dan dinamika sosial masyarakatnya. Pendekatan ini mengutamakan pentingnya ruang dalam menjelaskan fenomena geosfer dan bagaimana manusia berinteraksi dengan ruang tersebut untuk melakukan aktivitas mereka.

Dengan demikian, analisis keruangan memungkinkan kita untuk memahami kompleksitas dunia ini melalui lensa ruang. Melalui pendekatan ini, ilmu geografi membantu kita mengungkap rahasia dan pola di balik keragaman fenomena geografi di berbagai belahan Bumi.

Contoh Pendekatan Keruangan

Contoh pendekatan keruangan dapat diklasifikasikan ke dalam tiga aspek analisis, yaitu:

Baca juga :  Beasiswa S3 dari BAZNAS Dibuka, Ini Syaratnya dan Link Pendaftaran

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan