Menu
Catch The Dream

Instansi CPNS Lulusan SMA: Formasi, Gaji, dan Link Pendaftaran 

  • Bagikan
Instansi CPNS Lulusan SMA
Kemenkumham menerima pelamar CPNS lulusan SMA yang akan ditempatkan di berbagai lembaga pemasyarakatan

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sudah dibuka sejak dua pekan lalu. Ada sejumlah instansi CPNS lulusan SMA/SMK/sederajat yang dibuka untuk tahun 2023. Apa saja? 

Dikutip dari keterangan resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), untuk link pendaftaran CPNS lulusan SMA, pelamar hanya bisa mengakses via portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yaitu https://sscasn.bkn.go.id/.

Seluruh Warga Negara Indonesia lulusan SMA diperkenankan mendaftar asal memenuhi syarat sesuai tiap-tiap instansi dan batas usia terpenuhi.  Lalu apa saja instansi CPNS lulusan SMA dan sederajat?

Instansi CPNS Lulusan SMA 

1. Kejaksaan Republik Indonesia

Kejaksaan Republik Indonesia (Kejari) memiliki dua formasi CPNS untuk lulusan SMA yakni Klerek-Pengelola Penanganan Perkara (2.142 formasi) dan Penjaga Tahanan (2.258 formasi). 

Pengelola penanganan perkara akan terlibat langsung dalam proses penanganan perkara seperti menerima berkas perkara dari penyidik kepolisian.

Kemudian mendampingi jaksa saat penerimaan tersangka dan barang bukti seperti merekam hingga menata barang bukti sebelum diserahkan ke pranata barang bukti.

Selain itu, pengadministrasi penanganan perkara juga akan menjadi pemeran utama dalam operasionalisasi transformasi digital yang dilakukan oleh Kejaksaan RI.

Jabatan pengawal tahanan/narapidana akan menjadi bagian dari aparat penegak hukum khususnya di bidang pidana. Jabatan ini  berperan dalam proses penuntutan dan eksekusi.

Kisaran gaji untuk kedua posisi di atas adalah Rp 5,66 juta-Rp 7,06 juta.

2. Badan Intelijen Negara (BIN)

77 formasi CPNS BIN 2023 disediakan untuk jabatan pemula-asisten penata kelola intelijen bagi alumni SMA. Dari 77 formasi, sebanyak 28 kursi disediakan untuk pelamar dengan kualifikasi berstatus atlet berprestasi juara tingkat nasional/internasional dan memiliki kontrak kerja dengan BIN. Hampir seluruh formasi diproyeksikan untuk penempatan di ibu kota negara.

Baca juga :  Contoh Daftar Riwayat Hidup KPPS Pemilu 2024, Lengkap dengan Info Honor

Kisaran gaji untuk kedua posisi di atas adalah Rp 2 juta-Rp 4,5 juta.

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kemenkumham membuka formasi Penjaga Tahanan untuk lulusan SLTA/SMA sederajat. Tugas dari posisi ini melakukan penjagaan dan pengawasan terhadap narapidana / anak didik serta elakukan pemeliharaan dan tata tertib.

Penjaga tahanan juga melakukan pengawalan penerimaan, penempatan dan pengeluaran narapidana/anak didik. Kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pelanggaran keamanan serta membuat laporan harian dan berita acara pelaksanaan pengamanan.

Ada 1000 formasi yang dibuka untuk posisi Penjaga Tahanan (950 laki-laki dan 50 perempuan) dengan kisaran gaji Rp 5,7 juta-Rp 6,2 juta.

Instansi PPPK 2023 Lulusan SMA

1.Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi

Dikutip dari Pengumuman dengan nomor : 1668/SJ/KP.03.01/09/2023 TENTANG Seleksi PPPK  Kominfo Tahun Anggaran 2023, khusus untuk lulusan SMA dan SMK akan ditempatkan pada unit kerja Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).

Adapun jabatan untuk para lulusan SMA atau SMK pada seleksi PPPK Kominfo 2023 adalah Asisten Teknisi Siaran dan Pemula dan Asisten Pranata Siaran.

Asisten Teknisi Siaran

  • Formasi Teknis Umum 88 kursi dan Teknis Khusus 10 Kursi
  • Syarat Pendidikan: SMA IPA, SMK MULTIMEDIA, SMK TEKNIK ELEKTRO, SMK TEKNIK ELEKTRONIKA, SMK TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Asisten Pranata Siaran 

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan