Menu
Catch The Dream

Lukisan Batu Berusia 24.000 Tahun Ditemukan di Spanyol, Apa Kisahnya?

  • Bagikan
Gambar berusia 24.000 tahun di gua
Lukisan karya seni berusia 24.000 tahun di dalam gua di wilayah Valencia, Spanyol (Cambridge University Press)

GROOVE.CO.ID | Jakarta- Serangkaian karya seni gua Paleolitikum beberapa waktu lalu ditemukan di gua Cova Dones, Valencia, Spanyol. Penemuan ini dianggap sebagai jenis seni baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya dalam konteks Paleolitikum Atas Mediterania, terutama pada masa es.

Biasanya, lebih dari 70 persen dari situs seni cadas Paleolitikum yang telah diketahui terletak di Prancis dan Cantabria. Sementara seni gua zaman Pleistosen juga ada di Spanyol dan Italia, jumlah temuannya sangat terbatas, dengan hanya sekitar tiga situs yang ditemukan di wilayah Valencia dan Catalonia. Di sisi lain, temuan artefak dan barang bergerak yang dimiliki oleh manusia Pleistosen jauh lebih melimpah.

Peneliti yang dipimpin oleh Aitor Ruiz-Redondo telah melaporkan penemuan ini dalam jurnal Antiquity, Cambridge University Press, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada musim panas 2021. Menurut tim peneliti ini, temuan di luar wilayah Prancis-Cantabria selalu memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman kita tentang simbolisme pada masa Paleolitikum.

Seni gua di Cova Dones dianggap sebagai penemuan penting dalam konteks seni Paleolitik Mediterania. Hal ini karena temuan ini memberikan wawasan tentang preferensi visual manusia di wilayah Mediterania selama masa es.

Gambar-gambar gua ini terletak sekitar 500 meter di bawah permukaan tanah dan mengarah ke dalam ngarai curam di Kota Millares. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2023 memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi situs ini sebagai salah satu cagar seni Palaeolitik utama, sebab terdapat berbagai motif dan variasi motif, serta kekayaan detail dalam eksekusinya.

Tim peneliti mencatat setidaknya ada 110 gambar yang berbeda, termasuk setidaknya 19 gambar hewan (zoomorphic) yang ditemukan dalam tiga zona yang berbeda.

Yang menarik adalah bahwa area ini, yang disebut “galeri gambar prasejarah,” dapat diakses dengan mudah oleh manusia modern tanpa perlu menggunakan alat pendakian. Pengunjung dapat melihat gambar-gambar yang mencakup tujuh kuda, tujuh rusa betina, dua auroch (kerbau purba), satu rusa jantan, dan dua jenis binatang lain yang belum teridentifikasi.

Baca juga :  Duh! Pria Ini Mengira Dihina Pelayan Resto Lewat Struk Pembayaran

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan