Menu
Catch The Dream

Ternak Ayam Kampung, Cara Bikin Kandang Sehat, Setahun Tidak Bersihkan Kandang 

  • Bagikan
kandang sehat ayam kampung

Saat ayam ngorok itulah, imun atau daya tahan tubuh mereka menurun. Virus masuk seperti tetelo gampang menyerang, dan membuat ayam  banyak yang mati.

Jika melihat ada satu ayang dengan kondisi seperti itu, tidak boleh dibiarkan karena akan menular ke ayam lain. Ini karena makanan dan air minum juga terkontaminasi kohe yang terinfeksi virus.

Cara bikin kandang sehat untuk ayam kampung 

Ciri kandang yang sehat adalah kering. Kandang kering itulah yang membuat ayam-ayam menjadi sehat. 

Karena itu jika ingin membuat kandang untuk ayam kampung agar bisa sehat maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Usahakan sirkulasi udara di kandang harus bagus. Udara bisa mengalir dengan lancar. 
  • Jangan semen atau beton alas kandang. Karena semen atau beton itu malah menjebak gas amonia, sehingga tidak bisa keluar dan hanya beredar di sekitar kandang saja. Semen juga membuat kotoran hewan atau kohe basah dan tidak bisa terurai sempurna.
  • Usahakan alas kandang tanah dan di atasnya dilapisi dengan sekam bakar. Mengapa sekam bakar? Karena mempunyai kandungan karbon sehingga bisa bisa menyerap amonia.

Setelah itu, bisa juga membuat kandang umbaran, tapi catatannya harus ada hijau-hijauan atau tumbuhan. Salah satu fungsinya adalah untuk nutrisi ayam, salah satu sumber kalsium. 

Tinggi kandang antara 2,5 -3 meter. Tapi jangan lupa perhatikan arah matahari, karena sinarnya bagus jika masuk ke area kandang. 

Minum ayam juga usahakan air alkali untuk melawan virus. Selain itu juga perlu prebiotik untuk kinerja usus ayam.

 

Baca juga :  Ngedit Pakai Adobe Firefly yang Berbasis AI, Lebih Asyik dan Mudah

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan