Menu
Catch The Dream

Pendaftaran PPPK BKKBN 2023 Lulusan SMA, Cek Syarat dan Besar Penghasilan

  • Bagikan

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka lowongan calon aparatur sipil negara (ASN) pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bagi alumnus sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat. Formasi yang dibuka dalam pendaftaran PPPK BKKBN 2023 sebanyak 2.044 kursi.

Jabatan bagi lulusan SMA di BKKBN tersebut adalah pemula sebagai petugas lapangan Keluarga Berencana. Salah satu syarat untuk melamar jabatan tersebut untuk PPPK BKKBN 2023 adalah berusia minimal 20 tahun dan maksimal 57 tahun.

Perekrutan dilakukan untuk 14 kantor regional BKKBN di seluruh Indonesia. Formasi paling banyak yakni kantor regional V (Banten dan Jawa Barat) sebanyak 285 kursi dan 6 formasi untuk penyandang disabilitas.

Pemerintah membuka pendaftaran CASN secara online lewat laman https://sscasn.bkn.go.id/. PPPK adalah pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh PPK, sesuai kebutuhan instansi pemerintah dan ketentuan perundang-undangan.

Berbeda dengan PNS, PPPK memiliki masa kerja yang sesuai dengan surat perjanjian yang telah disepakati, misalnya 3 tahun, 5 tahun dan akan diperpanjang apabila masih dibutuhkan.

Persyaratan Administrasi PPPK BKKBN 2023 Lulusan SMA

  • Surat Pernyataan melakukan penyuluhan, pelayanan, penggerakan, dan pengembangan Program Pembangunan Keluarga, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Wajib)
  • Surat keterangan aktif bekerja saat mendaftar pada instansi pemerintah yang dilamar yang ditandatangani oleh pimpinan unit kerja, paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus-menerus (Wajib)
  • Pasfoto formal terbaru berlatar belakang berwarna merah (Wajib)
  • Kartu Tanda Penduduk/ Surat Keterangan dari DUKCAPIL/ Bukti Identitas Kependudukan lainnya yang dipersyaratkan oleh Instansi (Wajib)
  • Surat Pernyataan I dan Surat Pernyataan II bermeterai sesuai format pada Lampiran IV (Wajib)
  • Surat Lamaran sesuai dengan persyaratan instansi yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (Wajib)
  • Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan (Wajib)
  • Transkrip nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan Transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan (Wajib)
  • Surat Keputusan/ Surat Tugas penyuluhan, pelayanan, penggerakan dan pengembangan Program Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk minimal 2 tahun (Wajib)
Baca juga :  Instansi CPNS Lulusan SMA: Formasi, Gaji, dan Link Pendaftaran 

Tanggung Jawab Petugas Lapangan Keluarga Berencana

Dikutip dari https://sscasn.bkn.go.id/ beberapa tanggung jawab yang diemban oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana adalah:

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan