Menu
Catch The Dream

5 Gempa Bumi Terkuat dalam Sejarah Dunia Modern, Paling Kuat di Aceh?

  • Bagikan
Ilustrasi gempa bumi terkuat
Ilustrasi gempa bumi terkuat (Freepik)

GROOVE.CO.ID | Jakarta- Gempa bumi adalah peristiwa alam yang kuat yang terjadi ketika ada pelepasan energi di dalam kerak bumi. Peristiwa ini dapat menyebabkan getaran atau goncangan pada permukaan bumi. Sehingga seringkali memiliki dampak yang merusak apapun yang berada di permukaan Bumi.

Peristiwa ini dapat terjadi pergerakan lempeng tektonik di mana saat dua lempeng bertemu atau bergeser, tekanan yang terakumulasi dapat menyebabkan patahan atau pelepasan tiba-tiba energi dalam bentuk gempa bumi. Selain itu gempa bumi juga dapat terjadi karena aktivitas vulkanik.

Pada Jumat (8/9/2023) lalu, gempa bumi berkekuatan M 6,8 menghantam Maroko salah satu negara tertua di benua Afrika. Dikutip dari The United States Geological Survey (USGS) gempa tersebut tergolong dangkal dengan pusat gempa berada pada kedalaman sekitar 26 km di dekat Oukaïmedene.

Daerah pedesaan ini berjarak sekitar 75 km barat daya kota Marrakesh dengan banyak pemukiman yang rentan terhadap guncangan. Karena tergolong gempa dangkal dandekat  dengan pusat populasi tinggi, banyak bangunan mengalami guncangan hebat dan akhirnya ambruk. Peristiwa ini membuat lebih dari 2.000 orang tewas karena dampak kerusakan bangunan.

Sebelum gempa bumi Maroko, sejumlah negara di dunia pernah dilanda peristiwa sejenis dengan kekuatan yang jauh lebih dahsyat. Salah satunya terjadi di Pulau Sumatra, Indonesia.

5 Gempa Bumi Terkuat Sepanjang Sejarah Dunia Modern

1. Gempa Semenanjung Kamchatka, Rusia (Magnitudo 9,0)

Pada tanggal 4 November 1952, sebuah gempa bumi hebat terjadi di lepas pantai timur Kamchatka. Gempa ini adalah yang pertama dengan magnitudo 9,0 yang pernah tercatat di dunia dan menghasilkan tsunami setinggi 43 kaki (13 meter).

Tsunami ini mengguncang Crescent City, California, tanpa menyebabkan korban jiwa. Namun, di Hawaii, kerusakan properti mencapai 1 juta dolar (setara dengan 11,12 juta dolar saat ini). Gelombang tsunami mencapai Hawaii, menghempaskan perahu ke pantai, merusak rumah-rumah, dan menghancurkan dermaga serta trotoar jalan.

Baca juga :  Kontraktor Departemen Luar Negeri AS Didakwa Lakukan Spionase

2. Gempa Tohoku, Jepang (Magnitudo 9,1)

Pada tanggal 11 Maret 2011, terjadi gempa bumi dengan magnitudo 9,1 skala Richter yang memicu tsunami besar. Gempa ini disebabkan oleh aktivitas patahan di dekat Palung Jepang, yang merupakan batas antara lempeng Pasifik dan Amerika Utara.

Tsunami besar ini, seperti yang dilaporkan oleh USGS, menyebabkan lebih dari 15.700 kematian, lebih dari 4.600 orang hilang, lebih dari 5.300 orang terluka, dan lebih dari 130.900 pengungsi. Selain itu, lebih dari 332.000 bangunan, 2.100 jalan, 56 jembatan, dan 26 jalur kereta api rusak.

Gempa yang mengguncang Jepang ini juga merusak reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, yang menyebabkan salah satu bencana nuklir terbesar dalam sejarah. Kerugian akibat gempa di Jepang ini diperkirakan mencapai 309 miliar dolar.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan