Menu
Catch The Dream

9 Negara Tertua di Benua Afrika, Ada Maroko yang Baru Dihantam Gempa

  • Bagikan
Ilustrasi negara tertua di benua Afrika
Negara tertua di benua Afrika (freepik)

GROOVE.CO.ID | JAKARTA – Benua Afrika adalah salah satu benua yang penuh dengan keunikan dan pesona alam yang tak tertandingi. Dari gurun pasir yang tandus hingga hutan hujan yang lebat, Afrika menawarkan beragam keajaiban alam, budaya yang beragam, serta sejarah yang kaya. 

Mari kita telusuri beberapa aspek keunikan kawasan  yang sering dijuluki benua hitam ini serta negara-negara tertua yang berada di dalamnya.

Seperti diketahui, benua terbesar kedua di dunia ini juga menampilkan lanskap yang sangat beragam. Kamu dapat menjumpai gurun pasir luas di Sahara, terbesar di dunia, yang dikenal dengan pasir merahnya yang ikonik. 

Di sebelah selatan Sahara terbentang sabana yang menakjubkan, sementara di sepanjang pantai timur dan selatan, kamu akan menemui pantai berpasir putih yang memikat. Pegunungan tertinggi di Afrika, Gunung Kilimanjaro, juga menantang pendaki-pendaki dari seluruh dunia.

Lanskap yang beragam itu pun menjadikan Afrika sebagai rumah bagi beberapa keanekaragaman hayati yang paling menakjubkan di dunia. Hewan-hewan megah seperti singa, gajah, jerapah, dan zebra hidup bebas di padang rumput sabana yang luas. 

Hutan hujan Kongo, salah satu yang terbesar di dunia, menjadi tempat tinggal bagi gorila gunung, bonobo, dan banyak spesies langka lainnya. Selain itu, Afrika juga terkenal akan kekayaan burung dan reptilnya yang spektakuler.

Luas benua Afrika meliputi sekitar 20% dari total daratan Bumi dengan jumlah penduduk 800 juta yang tersebar di 54 negara berdaulat, sembilan wilayah serta dua negara dengan pengakuan terbatas atau de facto independen.

Nah dari 54 negara berdaulat tersebut, negara mana saja yang memiliki usia tertua?

9 Negara Tertua di Benua Afrika

1. Liberia

Liberia, dengan ibu kotanya Monrovia, adalah negara tertua di Afrika. Dengan luas wilayah 111,369 km2 dan populasi sekitar 5.058 juta jiwa pada tahun 2020, Liberia awalnya adalah koloni Inggris pada tahun 1822 dan meraih kemerdekaannya pada tahun 1847, menjadikannya negara tertua di benua Afrika.

Baca juga :  4 Situs Bersejarah di Riyadh, Punya Peran dalam Terbentuknya Arab Saudi

Selama periode ini, ekonomi Liberia bergantung pada perdagangan dan ekspor karet. Pada awalnya, sekitar 80% penduduk Liberia adalah budak atau buruh asing yang bekerja sebagai petani.

2. Afrika Selatan

Afrika Selatan, yang terletak di selatan benua Afrika, memiliki tiga ibu kota: Pretoria, Cape Town, dan Bloemfontein. Dengan luas wilayah sekitar 1,22 juta km2 dan populasi sekitar 59,31 juta pada tahun 2020, Afrika Selatan merdeka pada tanggal 31 Mei 1910.

Sebelumnya dikenal sebagai Afrika Barat Daya dan Republik Boer, negara ini mengubah namanya pada tahun 1910 dari kata Belanda “Zuid-Afrika,” yang berarti “Afrika Selatan.”

3. Mesir

Mesir meraih kemerdekaannya dari Inggris Raya pada 28 Februari 1922 dan kemudian menjadi republik pada tahun 1956. Ibukotanya adalah Kairo, dan luas wilayahnya mencapai 1.002 juta km2 dengan populasi sekitar 106,6 juta jiwa.

Pada tahun 1960-an dan awal 1970-an, Amerika Serikat mendukung kebijakan Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, yang mendukung pan-Arabisme dan perang dengan Israel pada tahun 1967.

4. Etiopia

Etiopia, yang menjadi negara tertua keempat di Afrika, merdeka pada tanggal 5 Mei 1941. Ibukotanya adalah Addis Ababa, yang juga merupakan tempat berbagai situs bersejarah dan museum Etiopia.

Populasinya mencapai 115 juta jiwa pada tahun 2020, dengan mayoritas penduduk beragama Kristen (80%) dan Muslim (15%). Ekonomi Etiopia sangat bergantung pada sektor pertanian, yang menyumbang lebih dari 50% PDB dan 80% ekspor.

5. Libya

Libya memiliki populasi sekitar 6,871 juta orang pada tahun 2020 dengan luas wilayah 1,76 juta km2 dan merdeka dari Inggris pada 24 Desember 1951, dengan ibu kota Tripoli. Struktur pemerintahannya didasarkan pada konstitusi yang disetujui oleh Kongres Rakyat Libya pada bulan Desember 1973. Presiden Libya saat ini adalah Mohammed Magarief, yang mulai menjabat pada Maret 2012.

Baca juga :  Iran Bebaskan 5 Warga Negara AS, 'Ditebus' Pencairan Dana USD 6 M

6. Sudan

Sudan merdeka pada 1 Januari 1956, dengan ibu kota Khartoum, luas wilayah negara ini sekitar 1,862 juta km2, dan populasi lebih dari 40 juta jiwa pada tahun 2020. Sudan terdiri dari dua wilayah, utara dan selatan, dengan bagian utara mayoritas penduduknya adalah orang Arab yang berbicara bahasa Arab. Wilayah selatan kaya akan sumber daya Sudan, termasuk cadangan minyak.

7. Maroko

Maroko, dengan luas wilayah 710,850 km2 dan populasi sekitar 37 juta jiwa, merdeka dari Perancis pada 2 Maret 1956. Ibukotanya terletak di Rabat. Raja Mohammed VI memimpin negara ini setelah menggantikan ayahnya, Raja Hassan II.

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan