Menu
Catch The Dream

KTT ASEAN: Pertemuan Menlu ASEAN Dihadiri Dua Wajah Baru

  • Bagikan
KTT ASEAN: Pertemuan Menlu ASEAN Dihadiri Dua Wajah Baru

GROOVE.CO.ID | Jakarta – Pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atau AMM yang diselenggarakan sebagai rangkaian dari KTT ASEAN ke-43, diwarnai dua “wajah baru” dari Kamboja dan Thailand.

“Selamat datang khususnya kepada Menlu Chenda Sophea dari Kamboja, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dengan Anda,” kata Menlu Indonesia Retno Marsudi ketika membuka AMM di Jakarta, Senin 4 September 2023.

Sebelumnya selama AMM pada Juli, Kamboja diwakili oleh Prak Sokhonn selaku menlu kala itu. Jabatannya kemudian digantikan oleh Chenda Sophea, yang baru dilantik pada 22 Agustus 2023.

Selain Menlu Kamboja, AMM kali ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Thailand Sarun Charoensuwan yang dikirim Bangkok karena Menlu Panpree Phahitthanukorn baru akan dilantik pada Selasa 5 September 2023.

Pada AMM sebelumnya, Thailand diwakili oleh menlu sekaligus Wakil Perdana Menteri Don Pramudwinai.

Sementara itu seperti dalam pertemuan-pertemuan ASEAN sebelumnya, kursi Myanmar masih kosong karena ASEAN tidak mengizinkan negara itu mengirim perwakilan politis terkait krisis. Ini dipicu oleh kudeta terhadap pemerintahan terpilih Myanmar pada Februari 2021.

AMM diselenggarakan sebagai rangkaian dari KTT ke-43 ASEAN, yang diselenggarakan di bawah tema keketuaan Indonesia “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Melalui tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap relevan agar mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan serta mendorong stabilitas dan perdamaian kawasan.

Baca juga :  Elon Musk Kirim Tim Pengacara, Bela Mahasiswa yang Posting di X

Baca juga berita kami di:

icon google news icon telegram

Download Aplikasi :

icon playstore
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan